Selasa, 16 Juli 2013

Langkah-Langkah Menyusun Kegiatan Model Pembelajaran Berdasarkan Minat


KELOMPOK                        : B
SEMESTER/MINGGU        : I/1
TEMA/SUB TEMA              : DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI, TANGGAL               : SENIN, 26 JULI 2011
WAKTU                                : 07.30 – 10.15
Indikator :
·         Mentaati peraturan yang ada (P)
·         Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut (B)
·         Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap (B)
·         Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban (F)
·         Membilang/menyebut urutan bilangan 1-20 (K)
·         Mencoba dan mengamati macam-macam rasa. (K)
·         Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam) dengan rapi (S)
·         Menciptakan 3 bentuk bangunan dari balok (S)
·         Bertepuk tangan dengan 3 pola (S)
Langkah-Langkah Menyusun Kegiatan Model Pembelajaran Berdasarkan Minat
1.      KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·         Bernyanyi, berdoa, dan mengucap salam (Pembiasaan)
·         Bercerita tentang pengalaman (3/4 anak) setiap hari dan setiap satu anak bercerita, 3 atau 4 anak bertanya tentang cerita anak tersebut.
·         Membicarakan tema/sub tema (Bahasa)
·         Melakukan kegiatan fisik/motorik, dapat dilakukan di luar atau di dalam kelas (Fisik/Motorik).


2.      KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (INDIVIDUAL DI AREA)
·         Sebelum melaksanakan kegiatan inti, guru membicarakan tugas-tugas di area yang diprogramkan pada hari itu
·         Area yang dibuka setiap hari minimal 4-5 sesuai indikator yang dikembangkan
·         Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan di dalam area yang diprogramkan
·         Kegiatan pembelajaran sebagai berikut:
Area Berhitung/Matematika
Pemberian tugas membilang dan menyebut urutan bilangan 1-5
Area Seni/ Motorik
Menggambar bebas dengan krayon
Area IPA
Eksperimen membuat teh manis
Area Balok
Menciptakan satu bangunan dari balok
·         Anak dibebaskan memilih area mana yang disukai, walaupun area itu tidak dibuka sesuai program guru
·         Anak dapat berpindah sesuai dengan minatnya tanpa ditentukan oleh guru
·         Apabila anak tidak mau melakukan kegiatan di 4-5 area yang diprogramkan, guru diharuskan memotivasi anak tersebut agar mau melakukan kegiatan
·         Guru dapat melayani anak dengan membawakan tugasnya ke area yang sedang diminatinya
·         Guru dapat memberikan penilaian dengan memakai alat penilaian yang telah ditentukan. Di samping itu guru juga dapat menilai ke mana saja minat anak pada hari itu dengan mengadakan ceklist (v) di setiap area (nama anak dan nama 10 area)
·         Guru membagi jumlah anak di kelas ke masing-masing area yang diprogramkan (misalnya 4/5 area)
·         Bagi kegiatan yang memerlukan pemahaman atau yang membahayakan jumlah anak dibatasi agar guru dapat memperhatikan lebih mendalam proses dan hasil yang dicapai dapat lebih maksimal, tanpa mengabaikan anak-anak yang berada di area yang lain
·         Orangtua/keluarga dapat dilibatkan untuk berpartisipasi membantu guru pada waktu kegiatan pembelajaran
·         Orangtua/keluarga dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak.
  1. ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
Cuci tangan, makan (berdoa sebelum dan sesudah makan) dan bermain.
  1. KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·         Bertepuk tangan dengan 2 pola (Seni)
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari dan menginformasikan tentang kegiatan esok hari
·         Bercerita dari guru
·         Menyanyi, berdoa, pulang
ALAT/SUMBER BELAJAR
Alat/sumber belajar yang ada di masing-masing area dapat digunakan dan ditambah dengan alat yang sesuai program.
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Penilaian dilaksanakan dengan observasi, penugasan, hasil karya, dan unjuk kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar