KELOMPOK : B
SEMESTER/MINGGU : I/1
TEMA/SUB TEMA : DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI, TANGGAL : SENIN, 26 JULI 2011
WAKTU : 07.30 – 10.15
Indikator :
·
Mentaati
peraturan yang ada (P)
·
Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut (B)
·
Menyebutkan
nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap (B)
·
Berjalan
maju pada garis lurus, berjalan di atas titian, berjalan dengan berjinjit,
berjalan dengan tumit sambil membawa beban (F)
·
Membilang/menyebut
urutan bilangan 1-20 (K)
·
Mencoba
dan mengamati macam-macam rasa. (K)
·
Menggambar
bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan
bahan alam) dengan rapi (S)
·
Menciptakan
3 bentuk bangunan dari balok (S)
·
Bertepuk
tangan dengan 3 pola (S)
Langkah-Langkah Menyusun Kegiatan Model Pembelajaran Berdasarkan Minat
1. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·
Bernyanyi,
berdoa, dan mengucap salam (Pembiasaan)
·
Bercerita
tentang pengalaman (3/4 anak) setiap hari dan setiap satu anak bercerita, 3
atau 4 anak bertanya tentang cerita anak tersebut.
·
Membicarakan
tema/sub tema (Bahasa)
·
Melakukan
kegiatan fisik/motorik, dapat dilakukan di luar atau di dalam kelas
(Fisik/Motorik).
2. KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (INDIVIDUAL DI AREA)
·
Sebelum
melaksanakan kegiatan inti, guru membicarakan tugas-tugas di area yang
diprogramkan pada hari itu
·
Area
yang dibuka setiap hari minimal 4-5 sesuai indikator yang dikembangkan
·
Guru
menjelaskan kegiatan-kegiatan di dalam area yang diprogramkan
·
Kegiatan
pembelajaran sebagai berikut:
Area Berhitung/Matematika
Pemberian tugas membilang dan menyebut urutan bilangan 1-5
Area Seni/ Motorik
Menggambar bebas dengan krayon
Area IPA
Eksperimen membuat teh manis
Area Balok
Menciptakan satu bangunan dari balok
·
Anak
dibebaskan memilih area mana yang disukai, walaupun area itu tidak dibuka
sesuai program guru
·
Anak
dapat berpindah sesuai dengan minatnya tanpa ditentukan oleh guru
·
Apabila
anak tidak mau melakukan kegiatan di 4-5 area yang diprogramkan, guru
diharuskan memotivasi anak tersebut agar mau melakukan kegiatan
·
Guru
dapat melayani anak dengan membawakan tugasnya ke area yang sedang diminatinya
·
Guru
dapat memberikan penilaian dengan memakai alat penilaian yang telah ditentukan.
Di samping itu guru juga dapat menilai ke mana saja minat anak pada hari itu
dengan mengadakan ceklist (v) di setiap area (nama anak dan nama 10 area)
·
Guru
membagi jumlah anak di kelas ke masing-masing area yang diprogramkan (misalnya
4/5 area)
·
Bagi
kegiatan yang memerlukan pemahaman atau yang membahayakan jumlah anak dibatasi
agar guru dapat memperhatikan lebih mendalam proses dan hasil yang dicapai
dapat lebih maksimal, tanpa mengabaikan anak-anak yang berada di area yang lain
·
Orangtua/keluarga
dapat dilibatkan untuk berpartisipasi membantu guru pada waktu kegiatan
pembelajaran
·
Orangtua/keluarga
dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan
anak.
- ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
Cuci tangan, makan (berdoa sebelum dan sesudah
makan) dan bermain.
- KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·
Bertepuk
tangan dengan 2 pola (Seni)
·
Diskusi
tentang kegiatan satu hari dan menginformasikan tentang kegiatan esok hari
·
Bercerita
dari guru
·
Menyanyi,
berdoa, pulang
ALAT/SUMBER BELAJAR
Alat/sumber belajar yang ada di masing-masing area
dapat digunakan dan ditambah dengan alat yang sesuai program.
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Penilaian dilaksanakan dengan observasi,
penugasan, hasil karya, dan unjuk kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar