NO
|
TEMA
|
SUB-TEMA/ SUB-SUB TEMA
|
1
|
DIRI SENDIRI
|
-
identitas diri (nama,
usia, jenis kelamin,nama ayah ibu, alamat rumah)
-
anggota tubuh (kepala, tangan, kaki)
-
cirri-ciri tubuh (warna kulit, macam
rambut, bentuk badan)
-
kesukaan (makanan,
warna, permainan, kegiatan)
-
macam indera,(mata,
telinga, hidung, kulit lidah)
-
fungsi indera
-
macam-macam rasa
(pahit, manis, asam, asin)
-
macam-macam
perabaan (kasar, halus, tajam, panas, dingin)
-
macam pembauan
(wangi, amis, busuk)
-
macam suara (keras,
lembut, nyaring, melengking)
-
macam penglihatan
(jelas, buram,jauh, dekat,silau, gelap, terang, samara)
|
2
|
LINGKUNGANKU
|
a.
Keluargaku
-
angota keluarga (ayah, ibu, kakak, adik,
…)
-
fungsi/ tugas anggota keluarga
-
kebiasaan anggota keluarga (ibu menyiapkan
makanan,…,sewaktu-waktu rekreasi)
-
tata tertib dalam keluarga (kesekolah
pamitan)
-
binatang peliharaan
keluarga (sesuai keluarga masing-
masing)
b.
Rumahku
-
guna rumah (berteduh,melindungi dari
panas, hujan, tempat istirahat, tempat berkumpul keluarga)
-
bahan untuk rumah (ijuk, bata, pasir,
semen, bamboo )
-
jenis rumah (rumah tinggal, kantor,
istana,, tempat ibadah, rumah adapt (joglo, panggung), tempat berobat
(puskesmas, RS, poliklinik, rumah untuk binatang)
-
bagian rumah (pintu,
jendela, atap,ruang tamu, garasi, kamar,kebun,…)
-
alat/perkakas dalam
rumah (kursi, meja, taplak, sendok,…)
-
lingkungan rumah (kebun,
warung, tetangga)
c.
Sekolahku
-
guna sekolah (untuk belajar sambil
bermain)
-
gedung dan halaman (kantor, kelas,
perpustakaan, dapaur, wc/ kamar mandi)
-
orang yang ada di sekolah (guru, kepala,
TU, pesuruh,…)
-
alat yang ada di sekolah (alat main
indoor/out door, perabot sekolah, obat-obatan)
-
tata-tertib di sekolah( berbaris, do’a,
main bergantian,…)
-
lingkungan sekolah (orng dan kegiatan yang ada di li ngkungan)
|
3
|
KEBUTUHANKU
|
|
4
|
BINATANG
|
a.
Jenis/macam binatang
·
Binatang
kesayangan(kucing…)
·
Ternak(ayang,kambing,sapi)
·
Liar (harimau,
serigala, kancil,rusa)
·
Serangga(kupu-kupu,
semut, kecoa)
b.
Makanan
binatang (sapi :rumput, kelici :wortel,
tikus :keju,…)
c.
Tempat hidup binatang
·
Air (ikan, binatang laut)
·
Udara (burung)
·
Tanah (cacing,semut)
d.
Perkembangbiakan binatang
·
Mulai telur sampai anak,……
e.
Bahaya binatang
·
Mencakar, menggigit
f.
Ciri-ciri binatang
·
Kaki dua, bertanduk,…..
g.
Kegunaan binatang
·
Ayam dimakan dagingnya, sapi membajak sawah,
cacing menyuburkan tanah
|
5
|
TANAMAN
|
-
pohon (cemara, pisang, mangga)
-
perdu /semak
(cabe,tomat, terong)
-
rumput,lumut (alang-alang)
-
yang dimakan
(buah-buahan, sayuran beras
-
untuk hiasan (tanaman hias)
-
dengan biji (jagung, kacang)
-
dengan batang
(singkong, bunga mawar)
-
dengan daun (cocor bebek)
-
dengan tunas/anak
(pohon pisang)
- disiram, dipupuk, dibersihkan
- akar, batang, daun, bunga
|
6
|
REKREASI
|
a.
Kegunaan rekreasi
(bersenang-senang,
b.
Tempat-tempat rekreasi
c.
Perlengkapan
rekreasi (makan, tikar, ban renang…)
d. Tata tertib rekreasi (tidak boleh coret
batu, tidak mencabut bunga)
|
7
|
PEKERJAAN
|
- guru, dokter,polisi, sopir, pak pos,
tukang sayur,…
-
Pak pos mengantar
surat, dokter menolong orang sakit
-
pegawai di kanto, dokter di rs
-
Dokter perlengkapannya stetoskop,
petani- cangkul,….
|
8
|
AIR,UDARA DAN API
|
|
9
|
ALAT KOMUNIKASI
|
|
10
|
TANAH AIRKU
|
j. Kota
tempat tinggalku
|
11
|
ALAM SEMESTA
|
|
Selasa, 16 Juli 2013
CONTOH TEMA DAN SUB TEMA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar