Selasa, 16 Juli 2013

CONTOH SKH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MINAT UNTUK KELOMPOK B


                                                                         SATUAN KEGIATAN HARIAN

KELOMPOK                          : B

 
                                                            SEMESTER/MINGGU                      : I/1
TEMA/SUB TEMA                : DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI, TANGGAL                : SENIN, 26 JULI 2011
WAKTU                                 : 07.30 – 10.15
INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
ALAT/SUMBER BELAJAR
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK
Alat
Hasil
-  Mentaati peraturan yang ada (P)
-  Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut (B)
-  Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap (B)
-  Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban (F)
-  Membilang/menyebut urutan bilangan 1-20 (K)
-  Mencoba dan mengamati macam-macam rasa. (K)
-  Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam) dengan rapi (S)
-  Menciptakan 3 bentuk bangunan dari balok (S)
-  Bertepuk tangan dengan 3 pola (S)
Upacara bendera ± 15 menit
I.      KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
-  Bernyanyi, berdoa, salam
-  Bercerita tentang pengalaman
-  Memperkenalkan diri sendiri
-    Pemberian tugas berjalan maju pada garis lurus
II. KEGIATAN INTI  ± 60 MENIT (INDIVIDUAL DI AREA)
Area Berhitung/Matematika
-  Pemberian tugas membilang dan menyebut urutan bilangan 1-10
Area IPA
- Eksperimen membuat teh manis
Area seni, Motorik
-  Menggambar bebas dengan krayon
Area Balok
-  Menciptakan satu bangunan dari balok
III. ISTIRAHAT/MAKAN ±30 MENIT
-  Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
-  Bermain
IV. KEGIATAN AKHIR  ± 30 MENIT   (KLASIKAL)
-  Pemberian tugas bertepuk tangan dengan 3 pola
-  Berdiskusi dengan anak tentang kegiatan sehari dan informasi kegiatan esok hari
-  Bercerita dengan buku cerita
-  Menyanyi, berdoa, pulang
Tiang bendara dan bendera
Diri sendiri (langsung)
 Langsung anak
Tali rafia
Lambang bilangan 1-10
Air panas, teh, gula, cangkir, sendok.
Buku gambar, krayon
Balok-balok berbagai ukuran.
Air, serbet, bekal anak, alat alat bermain
Peraga langsung
Buku cerita
Observasi
Unjuk kerja
Observasi
Unjuk kerja
Penugasan
Penugasan dan observasi
Hasil karya
Hasil karya
Observasi
Unjuk kerja
Penugasan
Observasi
                                                                                                                                                                                    Jakarta, ............................
Mengetahui Kepala TK,                                                                                                                                  Guru Kelas,
-------------------------------------- 
 --------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar